Banyak Macam Makanan ini, Terbuat dari 1 Bahan

 1. Lanting


Sumber Gambar: Jateng-Solopos.com


Makanan ini berupa makanan kering layaknya snack, dengan varian bumbu yang bermacam-macam rasanya, ada keju, pedas manis, jagung, bawang dan lainnya, kerenyahan Lanting sangat pas untuk camilan atau teman nasi, mau tahu apa bahan dasarnya? Lihat dulu yang ini juga enak lho....


2. Gendol/Lemet


Sumber Gambar: cookpad.com


Cara memasaknya adalah dengan dikukus, yang sebelumnya adonan dari bahan dasar diberi gula dan santan kelapa, lalu dibentuk kepalan panjang dan dibungkus daun pisang, kudapan ini cukup mengenyangkan, tepat sekali ditemani kopi dan teh dipagi hari.

3. Cenil


Sumber Gambar: Pinhome


Selanjutnya adalah olahan makanan dari bahan ini yang sangat menarik, dengan warna warni yang menggoda, bahkan anak-anakpun akan penasaran untuk mencicipinya, Cenil adalah salah satu dari favorit makanan hasil olahan dari bahan ini, varianya mudah sekali dikreasi dan dibentuk, dan rasanya kenyal seperti jely.


4. Getuk


Sumber Gambar: Jangkara.com


Yang satu ini mungkin adalah olahan senior yang sudah terkenal di Jawa, teksturnya kenyal namun lembut dilidah, tidak hanya dengan taburan parutan kelapa, ada juga yang dibumbui dengan ketek (olahan daqpi minyak kelapa) atau taburan keju. Kira-kira sudah tahu belum terbuat dari apa makanan-makanan diatas?


5. Bubur


Sumber Gambar: bpguide.id


Yang mengandung kuah pun ada, Bubur ini sama bahan dasarnya, sudah tahu kan? 
Tidak hanya disajikan panas, pake es pun sangat segar dimakan di siang hari, kuahnya terbuat dari santan kelapa, boleh juga ditambahkan air gula jawa atau sirup dengan berbagai rasa.
Ini pohonya dan daunnya, Kira-kira apa nama bahan dasar ini? 


Sumber Gambar: hidupkatolik.com


Pohon ini banyak ditanam petani diladang, kebun, atau pekarangan rumah, menanamnya pun sangat mudah, hanya dengan menancapkan batang pohonya, dalam 2-3 bulan kita sudah bisa memanen hasilnya, tanaman ini tidak perlu banyak membutuhkan air, bentuk daunnya menjari dan tinggi pohonya rata-rata 2 meter, ada yang bisa mencapai 5 meter namun jarang ditemui karena dengan tinggi segitu buah atau umbinya sudah tidak layak diolah karena terlalu keras, lalu apakah itu?


Sumber Gambar: biotifor


Yap, Singkong

Adalah sejenis umbi yang banyak terdapat di indonesia, ini adalah bahan makanan nenek moyang terdahulu, dijamanya singkong menjadi makanan pokok penduduk indonesia selain padi, pengolahanya yang sangat mudah dan murah, serta tidak butuh waktu lama, bahkan kita bisa mengambil umbinya dan langsung membakarnyapun sudah bisa dikonsumsi, seiring perkembangan jaman, singkong diolah menjadi banyak wujud makanan, sampai-sampai orang tidak tahu kalau itu terbuat dari singkong.

Selain sebagai bahan makanan, ternyata singkong juga memiliki fungsi lain, adalah sebagai berikut:

1. Mencegah Malnutrisi
2. Menurunkan resiko penyakit metabolik
3. Menurunkan tekanan darah
4. Mengatasi diare dan sembelit
5. Menurunkan demam
6. Untuk kesehatan mata
7. Mengatasi cacingan
8. Bagus untuk diet
9. Bagus untuk penderita diabetes
10. Menambah stamina
11. Menurunkan resiko kanker.

Masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dari singkong, dan masih banyak pula olahan makanan nikmat yang terbuat dari singkong, walaupun makanan desa, namun tidak kalah bersaing dengan makanan di kota.

Salam saya,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak Macam Makanan ini, Terbuat dari 1 Bahan"

Posting Komentar