Beberapa Tanaman yang bisa jadi P3K, yang bisa ditemukan di semak-semak liar

 



Sumber Gambar: Hello Sehat


Jatuh, lecet, luka gores, adalah satu hal yang lumrah pada setiap aktivitas, terutama pada anak-anak, mereka masih sangat aktiv dan suka bergerak kesana kemari tanpa tahu resikonya, anak-anak tidak seperti orang dewasa yang mana mereka tidak atau belum bisa memprediksi resiko yang akan terjadi jika melakukan suatu hal yang berhubungan dengan aktivitas fisik.

Oleh karena itu, anak-anak dianjurkan harus diawasi dalam setiap aktivitasnya kalau-kalau mereka bisa jadi melakukan hal yang berbahaya, contoh saja bermain bola, tidak menutup kemungkinan mereka akan jatuh, tersandung, tergores atau bahkan terkilir, namun bagaimana jika kejadian itu berada pada lokasi yang jauh dari rumah? Tidak ada penjual obat luka?

Mungkin beberapa tanaman ini bisa membantu anda mendapatkan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) untuk luka-luka kecil pada anak-anak atau bahkan anda sendiri.

1. Tanaman Bandotan atau Wedusan


Sumber Gambar: Lazada

Tanaman ini banyak dijumpai disemak-semak, pematang sawah, atau ditepian jalan, bagi petani tanaman ini termasuk Gulma atau tanaman pengganggu, namun disisi lain daun dari Bandotan atau Wedusan, bisa menghentikan darah yang keluar pada luka, caranya tidak sulit: cukup ambil 3 atau empat lembar daunnya, tumbuklah dengan batu atau di penyet-penyet dengan jari, kemudian tempelkan pada luka 1-2 menit niscaya darah akan berhenti.

2. Tanaman Alang-alang


Sumber Gambar: Tribunnews.com


Alang-alang selain sebagai pakan ternak, juga bisa digunakan sebagai alternatif jika tidak menemukan daun Bandotan atau Wedusan, caranya sama seperti diatas, namun kali ini yang digunakan adalah akarnya, warnanya putih dan beruas seperti bambu.

3. Tanaman Petai Cina


Sumber Gambar: Shopee


Selanjutnya adalah Tanaman Petai Cina, yang digunakan sebagai P3K adalah daun yang masih muda, dan caranyapun sama, sangat mudah dan cepat, tanaman ini bisa tumbuh besar dan tinggi mencapai 5-7 meter, anda harus melihat keatas jika tidak menemukan semak disekitar anda.

4. Tanaman Tibo Urip atau Cocor Bebek


Sumber Gambar: Shopee


Ada yang menanamnya sebagai tanaman hias dihalaman rumah, namun kita juga bisa menemukannya diluar rumah, atau semak-semak, maksimal tingginya sekitar 30-50 Cm, mempunyai daun dengan lebar 5-10 Cm, lain dengan tanaman diatas, Tibo Urip atau Cocor Bebek untuk P3K pada luka kecil yang digunakan adalah getah pohonya, caranya: petik pada pangkal daunnya dan teteskan getahnya pada luka.


5. Tanaman Jarak Cina atau Yodium


Sumber Gambar: bibitbunga.com


Yang terakhir adalah Jarak Cina atau Yodium, daun dari tanaman ini juga bisa menyembuhkan luka, caranyapun masih sama.

Mengalami luka kecil yang jauh dari rumah memang cukup merepotkan, namun semua tanaman diatas sangat direkomendasikan untuk menolong anda dan keluarga, dan jangan lupa setelah sampai rumah, harap kembali bersihkan luka dengan air bersih, dan anda bisa menggantinya dengan antiseptik luka kemudian plester atau perban.

Semoga Bermanfaat,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Tanaman yang bisa jadi P3K, yang bisa ditemukan di semak-semak liar"

Posting Komentar