HIDUP ADEM AYEM ALA MBAH SADIMIN

 

 

Nama Saya Sadimin

Saya lahir 85 tahun yang lalu disebuah Desa kecil di Kabupaten Kebumen, saya dilahirkan oleh seorang ibu bernama Ma'ripah,dan ayah saya bernama Surtono, saya memiliki 7 saudara, 2 diantaranya masih tinggal 1 desa dengan saya, dan yang lainnya entah kemana,...tutur Mbah Sadimin.

Kemudian kami bertanya; Sekarang Mbah Sadimin hidup bersama siapa mbah? dan berapa anak Mbah?

Yaaa.. tinggal berdua saja dengan istri saya, anak saya ada 4, semuanya kerja diperantuan, tinggal yang terakhir yang belum menikah, Kata Mbah Sadimin.

Kami bertanya lagi; Bisa cerita Mbah tentang pengalaman hidup Mbah bersama keluarga?

Boleeeh, tapi ya ituu saya kadang lupa, maklum sudah tua mas..hehehe....jawab Mbah Sadimin sambil tertawa.

Saya ini anak terakhir, jadi sejak kecil sampai sekarang saya ndak pernah meninggalkan rumah ini, rasanya sudah ga mungkin saya untuk pindah tempat, pernah anak saya menawarkan untuk pindah ke Bogor, tetapi saya menolak, alasannya warisan keluarga harus tetap dijaga.


Biarpun rumah seadanya begini mas, saya merasa ayem tinggal disini, kemanapun saya pergi rasanya tidak betah berlama-lama, mau tidur saja kepikiran rumah,kepikiran ayam sama kambing ga ada yang kasih makan....hahahaha........

Kami pun ikut tertawa.... Iya ya Mbah memang rumah sendiri paling nyaman walaupun sederhana, trus yang bikin nyaman itu apa Mbah?

Yoo banyak mas, .... apa apa kalo punya sendiri itu mau ngapain saja ya tetep nyaman, yang penting begini mas, orang kalau mau hidupnya adem ayem saya kasih tahu rahasianya;

1. Sing Nrimo, tidak usah muluk-muluk pengen ini dan itu, pengen plesiran, pengen makan enak, pengen beli motor, kalau ga perlu ga usah dikejar-kejar, yang ada saja dimakan, singkong tinggal ambil dikebun, beras ada nanam sendiri disawah, sayuran ada juga dikebun, nek pengen plesiran yo mancing saja atau kesawah saja kalau saya udah seneng.

2. Sadar diri dengan keadaan, Gusti Allah wis aweh dalanmu koyo ngono,mbok yo tinggal dijalani saja, jalani saja apa yang sudah jadi normalnya orang hidup : lahir dadi bayi, trus dadi bocah yo sekolah, wis rampung sekolah ndang mangkat kerja golet duit, nek wis oleh duit yo gari go mbojo mas, bar mbojo due anak dadi wong tuo, bar dadi wong tuo trus dadi kaki nini,sukur sukur tejkan buyut, wis segitu saja, dilakoni patokannya itu, jangan yang aneh aneh.

3. Jangan mempermasalahkan masalah terlalu lama, kalau punya masalah iku yo jangan diterus-teruske, lama-lama tetangga nanti pada gamau kenal, ga mau nolong, kan repot? masalah kecil saja sama keluarga, saiki ribut besok ya sudah dilupakan, jangan diterusin ributnya, kira-kira seperti itu mas...

Nggeh mbah saya paham tapi saya belum nglakoni jadi belum paham betul mbah, hehe.......

Kemudian kami berpamitan, namun Mbah Sadimin bersikeras mengantar kami sampai kedepan, sambil menikmati pemandangan Desa dan dibarengi dengan obrolan dan candaan kecil.

 

Gambar Ilustrasi asal dari : Kompasiana.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HIDUP ADEM AYEM ALA MBAH SADIMIN"

Posting Komentar