KONSEKUENSI PIKIRAN YANG FOKUS

 

 

 Gambar dari : Hello Sehat

Fokus Pikiran adalah memusatkan arah kerja otak kita dalam 1 kegiatan saja, Fokus pikiran sangat berpengaruh pada kemampuan kita menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan, dengan pikiran yang fokus pekerjaan atau aktivitas apapun dapat terselesaikan lebih cepat dengan hasil yang maksimal. Ada banyak metode dalam pelatihan fokus, namun ada juga yang secara otodidak bisa melakukannya dengan mudah, atau bahkan sudah dari kecil karena pengaruh pendidikan keluarga yang secara tidak langsung mengajarkannya.

Namun didunia ini selalu ada konsekuensinya dalam melakukan suatu hal, memang banyak dari sisi kelebihannya, namun juga ada kekurangannya, Berikut Kelebihan dan Kekurangan melakukan sesuatu dengan Fokus Pikiran :

KELEBIHAN :

1. Pekerjaan atau aktivitas dapat selesai dengan lebih cepat ketimbang jika dilakukan dengan tidak fokus, contoh kasus pada point ini adalah ketika anda sedang mengetik suatu makalah atau tugas sekolah, kalau saja pikiran anda terganggu dengan pikiran lain atau hal lain, fokus akan buyar, konsentrasi menjadi tidak relevan dengan apa yang dikerjakan, tapi dengan memfokuskan pikiran pada satu pekerjaan tentu tidak ada jeda untuk memikirkan hal lain, dan waktu menyelesaikan akan jadi lebih efektif, tentunya ini tergantung faktor lingkungan yang mendukung, yang artinya butuh ketenangan suasana dalam mengerjakannya. 

 

Gambar dari : Kompas.com

 

2. Hasil yang diperoleh akan Maksimal, Ketika anda menuntun pikiran anda dalam menyelesaikan sesuatu dengan segala Trik,Tips dan permasalahanya, akan lebih mudah diprediksi dan diatasi sebelum melangkah lebih jauh, tentu saja sebuah persoalan yang sudah diantisipasi dengan sebaik mungkin,buah dari pikiran yang fokus akan menghasilkan produk yang lebih baik.

 

Gambar dari : Merdeka.com

 

3. Melatih otak agar tidak mudah stres, Stres sering diakibatkan karena beban pikiran yang menumpuk dan bertubi-tubi, bahkan tidak kunjung terselasaikan apalagi mendapat solusi, dengan kegiatan yang Fokus, akan mengurangi beban pikiran disetiap harinya dikehidupan anda, Contoh misal : target dalam 1 jam anda harus merakit sebuah mesin motor di suatu PT tempat anda bekerja, apabila 1 jam ini dikerjakan dengan tidak fokus, pekerjaan tidak akan mencapai target anda hari itu,karena anda diganggu dengan pikiran-pikiran lain, dengan Fokus pikiran maka ada waktu lain untuk memikirkan hal diluar pekerjaan yang memberikan kemampuan daya tampung otak yang lebih enteng.


KEKURANGAN :

1. Membuat anda sedikit sulit bersosialisasi dengan orang lain, orang yang terbiasa bekerja fokus memiliki karakter yang tidak mau diganggu, dan terkesan kurang responsif terhadap orang lain.

 

Gambar dari : KASKUS

 

2. Ketinggalan informasi terbaru atau terlambat menyadari sesuatu, karena seringnya melakukan aktivitas dengan Fokus, anda mungkin akan ketinggalan peristiwa atau kejadian yang baru saja terjadi disekitar anda, atau bahkan jika terlalu fokus anda bisa saja lupa waktu.


3. Mudah terlena atau hanyut dalam suatu pikiran tertentu, sebenarnya tidak terlalu buruk, namun adakalanya terlena bisa membuat anda terbawa ke arus yang salah.


Sebuah perilaku yang bahkan memiliki kesan makna yang baik sekalipun, tetap memilki konsekuensi baik besar maupun kecil, Bagaimana Anda menghadapinya, tinggal anda yang menentukannya,

Salam Saya,

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KONSEKUENSI PIKIRAN YANG FOKUS"

Posting Komentar