BAGAIMANA MENJADI ORANG YANG PENYABAR

 TIPS MENJADI ORANG YANG PENYABAR

 

Gambar dari IDN Times

Bagaimana caranya menjadi orang yang sabar?

Apakah kamu suka bosan dengan menunggu?

Apakah kamu memilih pergi daripada mengahadapi kenyataan?

Apakah kamu takut bertanggungjawab atas perbuatanmu?

Sabar adalah sebuah sikap yang kata orang mudah dikatakan tapi sulit dilakukan, ya memang pada kenyataannya seperti itu, namun dalam beberapa kasus kita mungkin salah dalam menerapkan sikap sabar, kenapa begitu, karena sabar itu dikategorikan sendiri-sendiri.

 

1. Sabar yang tidak melakukan apa-apa atau menunggu hasil. 

 

Gambar dari : GKDI

Biasanya perkara ini ketika kita dihadapkan oleh suatu masalah namun kita tidak dapat atau tidak mampu menyelesaikannya sendiri, kemudian orang lain membantu kita, namun kita harus menunggu hasilnya, atau orang lain yang membutuhkan bantuan kita dan kita disuruh menunggu hasilnya contohnya : Kamu disuruh menjaga adikmu sementara orang tuamu pergi membelikan makanan untukmu dan adikmu yang semenjak dari tadi tidak sarapan. Apakah kamu yakin bisa menyelesaikan tugas itu dengan sabar? mungkin kamu akan bolak-balik menelepon orang tuamu agar gerak cepat dan jangan pakai lama, atau mungkin kamu menyusul mereka. Lalu bagaimana tipsnya agar setidaknya bisa sabar menunggu lebih lama lagi? 

1. Jangan sesekali melihat jam atau waktu dihandpone atau tanganmu, itu akan membuat menunggu terasa lebih lama lagi.

2. Cari aktivitas lain yang bisa mengalihkan perhatianmu, bisa main game, media sosial, atau chatingan dengan teman, atau mungkin jalan-jalan tidak terlalu jauh dengan adikmu sambil melihat-lihat pemandangan sekitar.

3. Menyapa seseorang yang kamu kenal kemudian ajaklah mengobrol.

4. Membeli jajanan terdekat disekitarmu.

 

2. Sabar tapi dengan terus mengupayakan yang terbaik.

 

Gambar dari : Fazz 

Salah satu contohnya adalah ketika kamu dalam situasi mencari pekerjaan namun tak kunjung dapat panggilan, banyak diantara orang-orang yang merasa pada situasi ini kesabaran sudah diujung tanduk, stress, dan uring-uringan, kemudian memilih untuk pergi mencari angin segar, atau mengalihkan perhatian agar tidak kepikiran pusing mencari pekerjaan untuk sementara waktu, atau bahkan memilih untuk bermalas-malasan, saya akui itu tidak ada salahnya jika kamu melakukan itu, ketahuilah bahwa kesabaran tidak harus selalu tentang menunggu, tapi menunggu sambil mengupayakan semampu dan sekuatmu adalah yang terbaik, ingatlah kembali targetmu yang membutuhkan pekerjaan, sebaiknya yang kamu lakukan adalah :

1. Jangan berhenti pada satu target saja, kamu mungkin bisa sabar menunggu namun hasilnya belum tentu kamu bisa diterima,ini akan membuat daftar yang lebih panjang lagi.

2. Carilah patner atau relasi serta teman-teman yang memiliki situasi yang sama, agar bebanmu sedikit berkurang.

3. Bangunlah lebih pagi dengan waktu yang berbeda dari biasanya, dan lakukan sedikit olahraga, atau aktivitas lain untuk menjaga kesehatanmu, agar dalam situasi ini kamu tidak jatuh sakit dipertengahan jalan.

 

Gambar dari : Kapanlagiplus

Menanamkan rasa tidak mudah menyerah dan tetap semangat, dapatmemberikan sugesti yang baik pada diri kamu, memang tidak mudah memiliki kesabaran yang tinggi, namun semua bisa dilakukan dengan latihan.

 

Semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BAGAIMANA MENJADI ORANG YANG PENYABAR"